[NEWS] Pengembang BSD Bangun LRT dan Jalan Tol



SERPONG, KOMPAS — Pengembang Sinarmas Land yang membangun kota baru BSD City di Tangerang, Banten, akan membangun kereta ringan (light rail transit/LRT) di kawasan kota baru tersebut.

"Saya menyambut baik tawaran Real Estat Indonesia (REI) yang akan mempertemukan empat pengembang besar di wilayah Serpong, Tangerang, untuk mewujudkan pembangunan kereta ringan. Namun, jika pembahasan tentang kereta ringan ini berlarut-larut dan terlalu lama, Sinarmas Land akan membangun lebih dahulu dengan bantuan Jepang," kata CEO Sinarmas Land Michael Widjaja dalam percakapan dengan Kompas, Sabtu pekan lalu.

Awal April lalu, Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata di Bali menyatakan, REI akan mempertemukan empat pengembang besar, yaitu Sinarmas Land, Summarecon Serpong, Paramount Serpong, dan Alam Sutera, untuk membahas rencana kereta ringan yang menghubungkan antarkawasan di Serpong.

Saat itu, Direktur Utama PT PP Infrastructure Didik Mardiyanto mempresentasikan Metro Kapsul, kereta ringan yang sebagian besar bahan baku dibuat di Indonesia dan biaya per gerbong relatif lebih murah dibandingkan proyek kereta ringan lain (Kompas, 3 April 2017).

Menurut Michael Widjaja, Sinarmas Land sudah membahas rencana pembangunan LRT dengan Jepang. "Saya tidak ingin banyak bicara atau janji. Lebih baik bangun dan tiba-tiba sudah beroperasi," kata cucu taipan Eka Tjipta Widjaja itu.

Kereta ringan itu direncanakan berhenti di stasiun-stasiun KRL di wilayah BSD, pusat perbelanjaan, kampus dan halte/terminal bus transjabodetabek.
Kereta ringan akan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas dan polusi udara di wilayah BSD. "Kami berharap warga BSD mengutamakan naik transportasi publik. Naik mobil pilihan terakhir," kata Michael.

Saat ini, pengembang Sinarmas Land memperbesar dan mempercantik Stasiun KRL Cisauk serta mengembangkan intermoda transportasi. Renovasi Stasiun Cisauk dijadwalkan selesai pada kuartal kedua 2018. Pengguna KRL kelak dapat melanjutkan perjalanan dengan bus shuttle ke sejumlah lokasi di BSD. Stasiun Cisauk juga menyediakan lahan park and ride untuk memudahkan pengguna KRL memarkirkan kendaraan di stasiun jika bepergian ke Jakarta.
Lokasi Stasiun Cisauk berdekatan dengan kampus baru Universitas Katolik Atma Jaya di BSD. Dalam tiga tahun ke depan, 4.000-5.000 mahasiswa Atma Jaya akan kuliah di kampus baru.

Jalan tol baru
Michael juga mengatakan, Sinarmas Land bersama Astratel Nusantara (Astra Infrastructure) dan Kompas Gramedia sejak akhir 2016 membangun Jalan Tol Serpong-Balaraja (30 kilometer), lanjutan Tol JORR-Pondok Indah-Bintaro-Serpong. Tahap pertama, Serpong-Legok (9,3 km) akan beroperasi pada 2018 dengan tiga gerbang keluar/masuk.

"Jalan tol ini nantinya memiliki pintu keluar-masuk di sekitar Mal Aeon atau Indonesia Convention Exhibition (ICE) dan di dua lokasi pengembangan baru BSD ke arah barat," kata Michael. (KSP)

Sumber : Kompas.com

No comments

Powered by Blogger.